6 Generasi Kawasaki Kaze, Motor Bebek 4 Tak Tangguh Geng Ijo

Kaze Zone

MotorUpdate.net – Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dikenal sebagai produsen motor-motor sport kelas atas serta motor hobi yang banyak diminati masyarakat. Pabrikan motor Jepang lainnya memilih memasarkan produk yang heterogen untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Inilah yang membedakan KMI dengan pabrikan motor Jepang yang lainnya. Namun berbeda dengan Kawasaki yang hanya menyasar untuk pasar atau golongan tertentu saja. Namun ternyata di era tahun 90-an, KMI juga memasarkan motor bebek 4 tak untuk menyaingi dominasi motor bebek pabrikan Jepang yang lain. Salah satu legenda motor bebek 4 tak Kawasaki adalah Kawasaki Kaze yang total melahirkan 6 generasi mulai dari awal produksinya di tahun 1995.

6 Generasi Kawasaki Kaze, Motor Bebek 4 Tak Tangguh Geng Ijo

Kawasaki Kaze

Kawasaki Kaze generasi pertama lahir di Indonesia pada bulan Maret 1995 yang dirakit dan dipasarkan oleh PT KMI. Nama Kaze diambil dari bahasa Jepang yang artinya angin. Filosofi inilah yang mencerminkan Kaze adalah motor yang ringan dan lincah saat dikendarai.

Lahirnya motor ini adalah untuk menyaingi dominasi motor bebek Honda yaitu Astrea Grand. Motor ini pertama kali hadir dengan mesin berkubikasi 111,6 cc 1 silinder 4 tak berpendingin udara. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 8,4 HP pada putaran 8.500 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya berada diangka 9 Nm pada putaran 3.500 rpm.

Kaze generasi Pertama

Blok mesin dari motor ini menggunakan material aluminium yang terinspirasi dari teknologi yang ada pada superbike. Kemudian untuk karburatornya menggunakan karburator Keihin 18 mm yang cukup besar di masa itu.

Secara desain Kaze generasi pertama ini sudah terlihat sporty walupun memiliki bentuk yang masih mengkotak. Untuk menghidupkan mesinnya ada dua pilihan yaitu menggunakan kick starter dan juga electric starter. Sementara untuk velgnya menggunakan velg jari-jari baik di bagian depan maupun belakang. Untuk pengereman masih menggunakan rem tromol di kedua rodanya. Pada bagian spedometernya juga sudah ada indikator untuk gear position.

Kaze R

Kaze R

Kemudian di tahun 1996, Kawasaki melakukan update terhadap motor ini dengan melakukan penambahan pada bagian pengereman. Bagian pengereman di roda depan yang semula masih menggunakan tromol kini diganti dengan rem cakram yang tentunya lebih pakem. Selain itu, tidak ada yang berubah secara desain dan spesifikasi mesin. Hanya berubah striping dan warna saja dan juga namanya menjadi Kaze R.

Kaze VR

Kaze VR

Kemudian di tahun berikutnya (1997), KMI melakukan update lagi terhadap motor ini. Perbedaan yang nampak adalah pada bagian kaki-kaki yang sudah diganti menggunakan velg palang (racing). Velg tersebut menggunakan velg racing dengan model palang 3 seperti pada Ninja 150. Selain bagian velg, perubahan yang terjadi pada motor ini adalah pada bagian desain lampu belakangnya. Jika pada generasi sebelumnya antara lampu sein dan juga lampu belakang terpisah, maka pada Kawasaki Kaze VR ini lampu belakang dan lampu sein sudah menjadi satu. Selain itu, nama berubah menjadi Kaze VR dan juga pastinya striping serta warna juga berubah.

Kaze R 125

Kaze VR bertahan cukup lama hingga sekitar 8 tahun lamanya, hingga akhirnya pada tahun 2005 KMI melakukan update kembali pada motor ini. Kali ini update dilakukan pada bagian spesifikasi mesin yang naik menjadi 125 cc dan membuat namanya berubah menjadi Kaze R 125. Pada Kaze R 125 ini merupakan pengembangan atau adopsi dari 3 varian bebek KMI yaitu Kaze, Blitz, dan Blitz Joy.

Pada Kaze R 125 ini, secara rangka masih menggunakan rangka Kaze generasi pertama. Kemudian untuk mesinnya mengadopsi dari mesin Blitz Joy 125. Lalu untuk desain bagian depan tidak lagi mengkotak dengan desain yang membulat. Sementara untuk bagian belakang masih mempertahankan desain yang sama pada Kaze VR.

Ada dua opsi yang dihadirkan pada Kaze 125 R ini, yang pertama adalah dengan menggunakan velg jari-jari (Kaze 125 R) dan yang kedua adalah menggunakan velg racing (Kaze VR 125).

Kaze Zone

Di tahun 2007, KMI menghadirkan lagi varian baru dari Kaze yang diberi nama Kaze Zone. Masih tetap menggunakan mesin yang sama yaitu 125 cc namun secara desain berubah total dari generasi sebelumnya (Kaze R 125). Desain baru ini membuatnya lebih terlihat lebih runcing dan aerodinamis namun juga terkesan nyeleneh. Hampir desain dari bagian depan sampai belakang berubah.

Kaze Zone

Lampu sein depan kini terpisah berada di cover depan menempel dengan bentuk segitiga. Kemudian headlampnya sekarang dilengkapi dengan dua buah reflektor. Kemudian bagian lampu belakang juga memiliki desain berbeda dengan ujung yang membulat. Selain itu juga pengaplikasian velg racingnya yang terlihat lebih sporty mirip velg motor-motor sport di zaman tersebut. Motor ini juga dijual dalam dua opsi yaitu dengan velg jari-jari dan velg racing.

Kaze ZX-130

Kemudian di tahun 2009 adalah terakhir kalinya KMI melakukan update pada Kaze yang berubah nama drastis menjadi Kaze ZX-130. Sesuai dengan namanya, mengambil nama besar dari motor sport Kawasaki ZX series dan dibekali dengan mesin berkubikasi lebih besar dari sebelumnya. Kaze ZX-130 mengusung mesin 130,1 cc dan merupakan motor bebek dengan kubikasi terbesar saat itu.

Kaze ZX-130

Selain itu desainnya juga berubah total dan terkesan lebih nyeleneh dibandingkan dengan desain motor bebek pada umumnya. Lampu depannya memiliki desain yang meruncing, kemudian di bawahnya ada tangki bahan bakar yang merupakan hal aneh pada motor bebek kala itu. Namun ini memberikan keuntungan terhadap bagasinya yang lebih luas.

Kemudian pada bagian spedometer juga terdapat indikator tachometer yang hampir tidak ada di motor bebek lainnya. Selain itu juga terdapat indikator gear position di dashboardnya tersebut.

Namun sayangnya, seiring berjalannya waktu pamor motor ini kalah dengan motor bebek Jepang lainnya yang lebih unggul di mesin dan juga fitur. Alhasil motor ini harus stop produksi dan tidak lagi dijual oleh KMI.

Walaupun demikian, sekarang ini masih banyak pecinta dari generasi Kawasaki Kaze di Indonesia dan memiliki berbagai komunitas sendiri di beberapa kota.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai 6 generasi Kawasaki Kaze yang dijual oleh KMI. Semoga bermanfaat dan bisa mengobati rasa kangen pembaca terhadap motor ini. Terima kasih.

Baca juga: Spesifikasi Kawasaki ZX-25R Versi Balap

About Budi Motorupdate 1308 Articles
Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

Be the first to comment

Silakan Berkomentar