5 Tips Memilih Mobil Baru untuk Berkendara Bersama Keluarga

Diposting pada

Memiliki empat hingga enam anggota keluarga? Supaya bisa nyaman pergi bersama-sama Anda harus menyiapkan mobil yang nyaman. Tidak hanya cukup untuk semua penumpang, tapi juga kenyamanan dan keamanannya.

Urusan pembelian mobil dengan mudah Anda bisa mendapatkannya langsung di Suzuki Nusantara Jaya Sentosa yang merupakan dealer resmi. Tapi sebelum membeli, Anda harus memilih manakah mobil yang tepat terlebih dahulu.

 5 Tips Membeli Mobil Baru yang Tepat untuk Keluarga

Mobil yang bagus untuk keluarga sebaiknya MPV atau SUV? Apakah harus membeli mobil tipe minivan karena anggota keluarga cukup banyak? Ada beberapa jenis-jenis mobil tersebut yang harus Anda pertimbangkan.

Bagaimana cara Anda menentukan mobil baru untuk keluarga yang tepat, bisa memilihnya dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Pilih Mobil sesuai dengan Dana

Tips pertama adalah menyiapkan dana terlebih dahulu. Ketika Anda memiliki dana yang jelas maka batasan harga mobil dapat terlihat jelas. Anda bisa menentukan mana saja mobil yang dijual sesuai dengan dana yang dimiliki.

Jika Anda memiliki dana mepet, sebaiknya pilih mobil kelas menengah yang tak kalah bagusnya. Jenis mobil MPV yang dapat menampung hingga 7 penumpang sangat pas jika ingin Anda dapatkan dengan harga terjangkau.

2. Mengecek Kelengkapan Keamanannya

Selain soal harga, Anda juga harus memperhatikan fitur keamanan apa saja yang disediakan. Keamanan jadi faktor penting untuk mobil keluarga agar tetap selamat selama perjalanan baik jauh maupun dekat.

Beberapa sistem keamanan yang sudah banyak digunakan antara lain anti lock braking system, airbag, safety belt sampai dengan sistem tahan goncangan. Untuk tahu apa saja fitur keamanannya Anda perlu menanyakan secara detail kepada sales resmi dari dealer.

3. Mengecek Kenyamanan Kabin

Anda mungkin saja akan mengendarai mobil untuk perjalanan mudik. Hal utama yang harus dicek agar mobil keluarga nyaman untuk perjalanan jauh adalah kabin. Apakah jok nyaman dan cukup luas jika diisi dengan penumpang secara penuh.

Cek juga apakah lapisan jok yang digunakan mudah untuk dibersihkan. Apakah mobil menggunakan ac double blower atau tidak sehingga suhu dingin merata di dalam kabin. Kenyamanan interior juga disesuaikan dengan tempat penyimpanan yang terbagi di beberapa titik.

4. Memperhatikan Berapa CC Mobil

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah berapa cc mobil karena akan mempengaruhi boros atau tidaknya bahan bakar. Mobil dengan cc besar memang bagus soal urusan tenaga dan akselerasi, hanya saja Anda harus bersiap lebih boros bahan bakar.

Sedangkan mobil dengan cc kecil bahan bakar memang lebih hemat, tapi tenaga yang dihasilkan juga tidak sebesar mobil dengan cc besar. Untuk mempertimbangkan cc mobil, Anda bisa menyesuaikan berapa penumpangnya dan penggunaan.

Jika penggunaan mobil sering untuk jarak jauh, akan lebih aman menggunakan mobil cc besar daripada kecil.

5. Kemudahan Membeli Suku Cadang

Jangan lupakan juga soal suku cadang dan mobil tersebut. Anda boleh saja membeli mobil limited edition, tapi perhatikan apakah mobil tersebut suku cadangnya mudah didapatkan. Kesulitan mencari suku cadang akan membuat biaya perawatan membengkak.

Biasanya suku cadang yang sulit dicari dijual dengan harga yang lebih mahal. Dengan begitu Anda akan mengalami kerugian karena biaya perawatan yang mahal.

Rekomendasi Mobil Baru yang Tepat Bagi Keluarga dari Suzuki

Anda tak perlu bingung ketika mencari mobil keluarga terbaik, karena Suzuki Ertiga bisa jadi pilihan yang paling pas. Desain dari mobil keluaran Suzuki ini sangat elegan dengan lampu depan yang desainnya pipih.

Soal keamanan, Suzuki Ertiga dilengkapi dengan dual SRS airbag dan rem ABS serta EBD. Ketika melakukan pengereman mendadak, mobil tidak mudah oleng sehingga menghindari kecelakaan.

Kelebihan lainnya juga terdapat pada mesin yang disematkan yaitu menggunakan K15B yang kapasitasnya 1.500 cc. Cukup besar untuk mobil keluarga dengan performa yang responsif.

Tenaga yang dihasilkan pun bisa optimal yaitu 104 hp di 6.000 rpm. Torsinya juga sebesar 138 NM di 4000 rpm. Bagi Anda yang tertarik dengan mobil Suzuki Ertiga, bisa langsung datang ke dealer Suzuki Nusantara Jaya Sentosa.

Anda juga bisa menanyakan informasi mengenai Suzuki Ertiga dan mobil Suzuki lainnya di website suzukinjs.co.id.

Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin