4 Langkah Mudah Perawatan Rantai Motor

0
perawatan rantai motor

MotorUpdate.net – Bagi yang memiliki motor dengan sistem penyaluran tenaga ke roda menggunakan belt tentu saja lebih mudah perawatannya dibandingkan dengan model rantai. Penyaluran tenaga mesin motor menggunakan rantai umunya terdapat pada motor bertransmisi manual seperti bebek dan juga motor sport. Nah, untuk perawatan rantai motor ternyata gampang-gampang susah. Hal ini karena diperlukan pengecekan dan juga perawatan berkala supaya rantai selau dalam kondisi prima sehingga nyaman saat digunakan berkendara. Lantas seperti apa langkah-langkah dalam perawatan rantai motor? Berikut ulasan lengkapnya.

4 Langkah Mudah Perawatan Rantai Motor

Rantai motor dengan gear merupakan dua part yang saling terhubung dan befungsi menyalurkan tenaga mesin ke roda. Kedua part ini juga selalu bergesekan, oleh karenanya untuk memperpanjang masa pakai, kedua part ini harus secara rutin dirawat supaya selalu berfungsi dengan baik. Berikut ini beberapa perawatan mudah untuk rantai motor.

  1. Selalu Memberikan Pelumas pada Rantai

Perawatan yang pertama adalah dengan memberikan pelumas pada rantai. Pelumasan pada rantai ini berfungsi untuk memperkecil gaya gesek yang terjadi antara rantai dengan gear sehingga dapat lebih awet. Selain itu, pelumas khusus rantai juga dapat melindungi rantai dari kotoran dan debu yang berterbangan saat berkendara.

Namun untuk melumasi rantai, disarankan untuk menggunakan pelumas yang dikhususkan untuk rantai. Bukan menggunakan pelumas dari oli bekas karena penggunaan oli bekas akan malah menambah kotoran-kotoran menempel di rantai. Sudah banyak pelumas khusus rantai yang saat ini dijua di pasaran dan kita dapat memilih salah satunya sesuai selera.

2. Bersihkan Rantai secara Rutin

perawatan rantai motor

Perawatan yang kedua adalah dengan selau mencuci atau membersihkan bagian rantai motor secara rutin. Terutama jika motor sering digunakan saat kondisi hujan ataupun panas terik karena rantai rentan untuk berkarat dan terkena kotoran serta debu. Air bekas hujan juga dapat cepat menyebabkan karat apabila tidak langsung dibersihkan. Oleh karenanya, kita harus selalu rajin membersihkan jika ingin rantai lebih awet.

3. Atur Jarak Main Rantai

Apabila motor sering digunakan, maka pasti lamba laun jarak main rantai akan semakin kendor. Oleh karenanya untuk menjaga agar lebih awet dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan saat berkendara, kita harus selalu mengecek kondisi jarak main rantai. Sebenarnya jarak main bebas rantai di setiap motor berbeda-beda, namun pada umumnya jara main rantai aman adalah antara 20-30 mm hingga 25-35 mm. Penyetelan jarak main rantai ini disarankan untuk dilakukan secara berkala supaya rantai selau dalam kondisi prima.

4. Gunakan Rantai dan Gear Asli

Saat ini banyak sekali part gear set rantai yang beredar dan dijual bebas di pasaran. Ada yang dijual dengan harga murah dan ada juga dijual dengan harga mahal. Namun disarankan supaya kita selalu menggunakan gear dan rantai asli dari produsen motor. Hal ini dikarenakan pabrikan telah menghitung dengan cermat mengenai rasio gigi di mesin dan sampai di reduksi akhir pada roda penggerak. Apabila rantai motor yang digunakan tidak sesuai standar pabrikan maka kemungkinan besar juga akan berpengaruh terhadap kondisi motor keseluruhan.

Nah, mungkin itu saja sedikit informasi mengenai 4 langkah mudah perawatan rantai motor yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Membersihkan Karat di Knalpot

Silakan Berkomentar